KJ 392 "Ku Berbahagia"

KJ 392 "Ku Berbahagia"


“KU BERBAHAGIA YAKIN TEGUH”
Sebab itu, marilah kita mendekati Allah dengan hati yang tulus dan iman yang teguh; dengan hati yang sudah disucikan dari perasaan bersalah, dan dengan tubuh yang sudah dibersihkan dengan air yang murni. (Ibrani 10 : 22)

          Lagu-lagu yang disebut gospel songs atau gospel music tumbuh di Amerika Serikat menjelang akhir abad ke-19. Penggerak lagu-lagu itu antara lain adalah Moody, Sankey, Bliss, Fanny Crosby. Orang Amerika menganggap adanya lagu-lagu itu sebagai sumbangan mereka dalam pertumbuhan dan perkembangan lagu-lagu kristiani. Lagu-lagunya memang lebih mengalir, luwes, bergaya irama menarik, sehingga orang orang menyebutnya nyanyian umat.

          Menurut perkiraan, Fanny Crosby, pengarang syair lagu ini, menghasilkan lebih dari 8000 syair lagu-lagu selama hidupnya. Rata-rata melodi lagu itu sangat populer dan banyak sekali dipakai. Sungguh merupakan suatu berkat yang menakjubkan, bagaimana seorang buta mengarang begitu banyak syair yang isinya sangat kaya, penuh nilai rohani. Sering ia mengarang tiga syair dalam satu minggu. Supaya rasanya jangan terlalu banyak syair atas namanya, ia memakai dua ratus nama samaran. Sampai sekarang orang masih terus mencari dan menemukan syair-syair karangan Fanny Crosby. Sering seorang pendeta datang kepadanya minta syair untuk satu pokok tertentu. Atau datang seorang pengarang lagu untuk meminta Fanny Crosby membuat kata-katanya.

           Itulah yang terjadi dengan lagu ini. Melodinya dikarang oleh Ny. Joseph Knapp, seorang sahabat Fanny Crosby. Pada suatu hari Ny. Knapp memainkan melodinya lalu bertanya kepada Crosby: “Apa kata melodi ini??” segera Fanny Crosby menjawab : “ Ku Berbahagia, Yakin Teguh!”
Ny. Knapp sendiri mengarang lebih dari lima ratus lagu. Fanny Crosby hidup sampai berumur 95 tahun. Sungguh Tuhan sangat memberkati dia, walaupun ia buta. J

( Dikutip dari buku Alfred Simanjuntak 'Kisah Kidung'. )

0 komentar :

Posting Komentar